Tips Memilih Nama Channel YouTube

https://cdn.pixabay.com

       Oke teman-teman, setelah sebelumnya Kita belajar bagaimana cara memilih niche video YouTube atau topik channel dan melirik beberapa jenis niche video yang ramai ditonton banyak orang, maka langkah selanjutnya sebelum membuat channel YouTube adalah menentukan terlebih dahulu nama channel yang mau Kita pakai. Ini penting dikerjakan di awal agar memang identitas channel Kita jelas dan kuat.

Selain itu, pentingnya Kita menentukan nama channel YouTube adalah untuk memudahkan orang atau audiens menemukan channel Kita. Nama channel di sini berperan sebagai kata kunci untuk memudahkan audiens mencari channel kita. Misalnya, teman-teman berkesempatan sharing ke komunitas tertentu, teman-teman tinggal arahkan mereka untuk mencari channel teman-teman dengan mengetikan nama channel di pencarian YouTube, nah nama yang unik dan baik akan mudah ditemukan ketika orang mengetikan kata kunci nama channel Kita.

Terus pertanyaannya, bagaimana cara memilih nama channel YouTube yang baik itu?

Soal memilih nama channel YouTube, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan diantaranya yang pertama adalah tujuan dari kita menggunakan platform YouTube itu untuk apa? Misal tujuan teman-teman adalah membangun personal branding, maka sebaiknya dalam membuat channel YouTube teman-teman menggunakan nama personal teman-teman atau nama panggilan yang biasa dipake dalam kehidupan sehari-hari. Selain menggunakan nama personal, teman-teman juga bisa mengkombinasikan antara nama pribadi/personal dengan brand yang mau diangkat, misal Imam Branding atau Coach Imam. Nah sesuaikan dengan personal branding yang mau teman-teman angkat.

Jika teman-teman menggunakan platform YouTube itu bermaksud bermaksud untuk membangun brand dari bisnis/perusahaan teman-teman, maka nama channel teman-teman juga bisa menggunakan nama usaha/bisnis yang sedang teman-teman kerjakan. Jadi pastikan teman-teman menggunakan nama untuk channel YouTube teman-teman sesuai dengan tujuan teman-teman berkecimpung di dunia YouTube itu untuk apa.

Yang ke dua teman-teman bisa memperhatikan isi atau konten dari channel teman-teman itu tentang apa, atau dengan kata lain niche video teman-teman itu apa. Apakah tentang traveling, humor, film pendek, edukasi bisnis, religi ataupun konten-konten yang lainnya. Secara tidak langsung, konten apa yang akan Kita hadirkan di channel YouTube kita itu akan mempengaruhi nama dari channel YouTube kita.

Pertimbangan ke tiga adalah perhatikan siapa target audiens yang teman-teman ingin sasar misalnya anak mudah, pengusaha, ataupun ibu-ibu rumah tangga. Nah sebaiknya nama channel yang kita gunakan ini juga bisa mengakomodir dari auidens agar secara tidak langsung mendekatkan channel Kita langsung dengan audiensnya.

Nah itu tadi tiga hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih nama channel YouTube. Teman-teman bebas memilih mau menggunakan nama apa sesuai dengan tujuan teman-teman menggunakan platform itu untuk apa.

Terus kalau ada yang tanya, Kak nama channel YouTube bisa diganti tidak. Jawabannya tentu saja bisa. Nama channel Pandora cinema sendiri merupakan nama kedua dari channel yang Kami kembangkan. Awalnya, channel YouTube Pandora cinema itu Kami gunakan untuk membangun personal branding sehingga menggunakan nama pribadi. Namun seiring perkembangan channel, nama channel diubah dari nama pribadi menjadi nama bisnis/company. Kenapa, ya karena memang tujuannya menggunakan YouTube yang awalnya untuk membangun personal branding berubah menjadi untuk edukasi bisnis dan sekaligus membangun brand dari bisnis yang sedang Kami kembangkan. Biar tujuannya kena maka nama channel pun kami rubah menjadi Pandora Cinema

Yang terpenting teman-teman, dalam memilih nama channel upayakan yang mudah dingat, mudah dilafalkan, dan mudah diketikan. Ini akan sangat memudahkan audiens dalam menemukan channel Kita di YouTube.

So, apa nama channel YouTube-mu teman-teman?

Komentar